Kamis, 10 November 2011

Rangkuman Presentasi PTI Kamis, 20 November 2011

Pada hari Kamis, 10 november 2011 berlangsung kuliah PTI yang diadakan di laboratorium komputasi yang biasanya di adakan di ruang PB sehingga kegiatan perkuliahan terlambat kurang lebih 15 menit.
Berikut akan di paparkan hasil rangkuman mengenai pembawaan presentasi oleh kelompok 9,10,11,dan 12

Presentasi pertama oleh Kelompok 9
Kelompok ini terdiri dari tiga orang anggota,yaitu
1)Riskawati,
2)Kristina Paseru. ,dan
3)Novianti Dani P.

Kelompok ini membawakan materi presentasi yang berjudul Dasar Pemrograman Web World Wide Web. Dalam presentasi ini dibahas mengenai definisi dan trend perkembangan teknologi web dinamis.Pada saat pembawaan materi ini sebagian pemateri sudah baik dalam mempresentasikan hasil pekerjaannya namunsebagian lagi sepertinya kurang siap dalam mempresentasikan tugasnya.Tapi semua pertanyaan yang dilontarkan oleh audience sudah dapat dijawab dengan baik dan benar.
Dari presentasi yang dibawakan oleh kelompok 9 dapat saya pahami bahwa:
www adalah suatu ruang informasi dimana pengguna global dapat mengenalinya dalam bentuk URL
Web yaitu kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang di akses melalui b yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP
-perbedaan HTML dan PHP
agar website dapat dikatakan dinamis harus memenuhi syarat seperti :
Adanya web server
Software pemrograman web berbasis server
data base
Juga dibahas bahwa web dibagi menjadi 2 :
Web dinamis yang isi informasi selalu berubah-ubah dikarenakan adanya hubungan dengan client.contohnya : facebook, friendster, twitter
Web statis yang informasinya tidak berubah-ubah.contohnya : profil perusahaan
setelah presentasi , salah satu teman yaitu sukardi brtanya tentang apakah perbedaan antara internet dengan blog ??
Lalu oleh saudari Riskawati dijawab yaitu blog terhubung melalui internet sedangkan internet merupakan jaringan yang digunakan untuk membuat blog.

Presentasi kedua oleh kelompok10
Kelompok ini terdiri dari 3 orang anggota,yaitu
1)Hardianto Kahar.
2)Rusli
3)Nurhayani Marda
Presentasi kelompok ini membahas mengenai CMS atau Content Management System. CMS ini terbagi ke dalam beberapa bagian , ada yang khusus mengenai pembuatan website dll. Yang utama dibahas oleh kelompok ini yaitu Joomla sebagai CMS untuk pembuatan website. Mungkin karena CMS ini merupakan materi semester 5 dan sebagian teman2 belum pernah mempelajari tentang CMS ini jadi masih banyak yang belum mengerti. Bagi saya sendiri, saya pernah menggunakan Joomla dan yang saya tahu tentang Joomla ini bahwa software ini bisa digunakan untuk membuat website secara offline namun saya bingung karena pada pemaparan kelompok 10 bahwa CMS ini harus lewat on line. Dimana ada prosedur pendaftarannya, namun oleh kelompok 10 ternyata belum mempraktekkannya sehinga oleh dosen pembimbing di amanahkan untuk mengulang presentasi minggu depan setelah tahu mengenai cara pendaftaran Joomla (CMS)


Presentasi oleh kelompok 11
Kalau tidak salah materi yang dibawakan adalah perkembangan CMS wordpress. Karena kelompok 11 juga belum mempraktekkannya maka oleh Dosen pembimbing juga di amanahkan untuk mengulang presentasi setelah mempraktekkan terlebih dahulu mengenai peresentasinya. Sehingga banyak teman 2 termasuk saya yang kurang begitu tahu mengenai materinya.


Presentasi terakhir oleh KELOMPOK 12
Oleh
1)Ansar,
2)A. Baharuddin.
3)Laode
Materi yang dibawakan oleh kelompok ini yaitu Definisi blog dan macam-macam blog. Terutama untuk saudara ansar, dalam membawakan materi sudah sangat baik dan memahami materi dengan baik. Teman-teman yang lain juga sudah baik dalam pembawaan materinya. Ditambah beberapa waktu yang lalu telah di adakan praktikum PTI mengenai BLOG sehingga para peserta diskusi sudah paham mengenai BLOG walaupun msih banyak yang menyakan mengnai iklan dalam blog . Dalam presentasi ini dibahas mengenai keunggulan Blogger dibanding penyedia blog lain, keunggulannya antara lain karena blogger.com dipegang oleh perusahaan raksasa yaitu Google. ada juga situs penyedia blog gratis seperti multiply yang kelemahannya yaitu untuk memeberi komentar harus punya blog multiply juga, ada juga wordpress, blogs some dll.
yang paling penting saat presentasi dan sesi tanya jawab adalah faslitas java script dalam blog . fasilitas ini digunakan untuk memasukkan widget2 yang berasal dari luar google
salah satu penanya yaitu Nur Ulfah Dwiyanti  menanyakan bagaimana agar postingan di blog kitra muncul di halaman utama pada google?? lalu sempat dijawab oleh saudara ansar namun dijelaskan oleh dosen pembimbing untuk menggunakan cara SEO (search engine optimization).

Berhubung pada saat presentasi sedang berlangsung ada teman yang ribut di daerah belakang maka Dosen pembimbing pun memberikan tugas rumah yaitu mencari cara postingan di blog kita bisa muncul pada halamn utama google dengan menggunakan SEO, selain itu juga membuat rangkuman mengenai hasil presentasi hari ini seperti yang sedang saya buat sekarang ....hehe ;D

sekian dulu rangkuman presentasi hari ini. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH